Tips Aman Berkendara Saat Melakukan Perjalanan Jauh

Kala Anda memutuskan untuk bepergian jarak jauh, ada baiknya mempersiapkan diri agar perjalanan tetap aman dan nyaman. Persiapan diri tersebut bisa meliputi fisik dan mental. Tentunya, tubuh harus selalu bugar supaya perjalanan jauh jadi menyenangkan. Jangan sampai kurang persiapan diri, perjalanan malah berakhir buruk.

Setidaknya ada beberapa hal yang bisa dilakukan ketika Anda memutuskan untuk menyetir jarak jauh supaya kondisi badan tetap segar. Berikut tips yang bisa dilakukan sebelum Anda melakukan perjalanan jauh agar tetap aman di jalan.

Tidur cukup sebelum menyetir jarak jauh

Bepergian jarak jauh tentunya membutuhkan tenaga ekstra. Ada baiknya bagi Anda untuk memperoleh istirahat cukup sebelum bepergian. Setidaknya Anda menghabiskan waktu tidur selama tujuh jam dalam dua hari berturut-turut untuk mengumpulkan energi. Hindari berkendara jarak jauh setelah melakukan banyak aktivitas, ya. Hal itu dapat membuat tubuh terasa cepat lelah.

Berhenti setiap 2-3 jam

Duduk dibalik kemudi setir untuk waktu yang lama membuat tubuh terasa pegal. Maka usahakan untuk berhenti setiap 2-3 jam selama perjalanan dilakukan. Hal tersebut dilakukan agar kondisi tubuh tetap segar. Anda juga bisa melakukan peregangan badan dengan berjalan-jalan di sekeliling mobil ketika sedang istirahat, supaya badan tidak kaku. Dengan begitu, tubuh lebih bugar ketika harus menyetir kembali. Hindari untuk menyetir antara pukul 1-3 siang. Pada jam-jam tersebut suhu badan sedang menurun dan membuat orang lebih mudah mengantuk.

Membawa cemilan yang sehat atau mengunyah permen karet

Sangat disarankan untuk membawa cemilan sehat sendiri saat bepergian jauh. Seperti kacang almond bisa menjadi pilihannya. Dengan membawa cemilan sendiri, Anda dapat terhindar untuk berhenti mengonsumsi makanan cepat saji di pinggir jalan. Anda juga bisa menyiapkan permen karet untuk dikonsumsi selama perjalanan jauh. Mengunyah permen karet yang dilakukan secara berulang-ulang dapat membuat pengendara terhindar dari ngantuk karena mendapat sirkulasi yang cukup.

Banyak minum air mineral

Mengonsumsi banyak air mineral sangat disarankan ketika Anda melakukan perjalanan jarak jauh. Hal itu dapat mengurangi Anda dari dehidrasi dan mendapat pengganti dari cairan yang tubuh yang terbuang.

Rencanakan perjalanan dengan baik

Sebelum bepergian jarak jauh, ada baiknya bagi para pengendara mencari tahu terlebih dahulu informasi soal perjalanan itu sendiri. Misalnya, informasi mengenai jalan atau tempat beristirahat. Dengan begitu, kita dapat menentukan di titik mana saja harus berhenti untuk sekadar beristirahat dan meregangkan otot-otot yang kaku atau menghirup udara segar.

Jangan paksakan perjalanan ketika mengantuk

Jika Anda dilanda rasa kantuk selama perjalanan, sebaiknya tak perlu dilawan. Lebih baik Anda mencari tempat beristirahat terdekat untuk bisa memejamkan mata sejenak selama 15 menit. Karena jika lebih dari 15 menit, alih-alih badan segar, kondisi badan malah menjadi lemas.

Mengajak teman

Ada baiknya ketika melakukan perjalanan jauh, Anda mengajak seseorang untuk menemani. Mengobrol selama perjalanan jauh bisa membuat Anda tetap waspada akan kondisi jalan. Selain itu, Anda juga bisa bergantian menyetir dengan teman. Dengan begitu, energi pada tubuh bisa tersimpan dengan baik.

Hindari mengemudi di malam hari

Secara biologis, tubuh membutuhkan istirahat antara pukul 12 tengah malam hingga jam 6 pagi. Secara otomatis, pada jam-jam tersebut Anda akan merasa lebih mengantuk dari jam-jam lainnya. Usahakan untuk berhenti sejenak jika bepergian pada jam-jam tersebut daripada memaksakan diri, yang justru bisa berbahaya.

Selain beberapa tips di atas, mobil dengan kabin nyaman dibutuhkan oleh para pengendara untuk membuat perjalanan jauh semakin menyenangkan. Wuling Cortez CT bisa menjadi teman Anda selama perjalanan karena telah didesain memiliki kabin interior yang nyaman.

Tak lupa, fitur-fitur di dalam mobil juga membuat pengendara merasa betah saat berada di dalam dengan interior dua warna, soft touch panel, setir berlapis kulit, layar MID berukuran 7 inci, sistem hiburan dalam layar berukuran 8 inci, box di konsol tengah, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, Anda bisa merasa nyaman dalam kondisi apapun selama perjalanan.

Sumber: wuling.id

Write a comment